KURIKULUM

SISTEM PENDIDIKAN DI MAKTAB TAHFIZH HAMASAH

 

Maktab tahfiz Hamasah adalah pondok pesantren 30 juz yang dikelola oleh yayasan Hamasah dengan menamakan maktab tahfiz Hamasah. Pondok ini, memiliki program khusus untuk menghafal Quran dengan  target mutqin 30 juz bagi seluruh  santri. Santri yang masuk ke pondok ini, minimal umurnya 10 tahun sampai 18 tahun.

Para santri yang mendaftar dan masuk menjadi santri di maktab tahfiz ini, tidak ada syarat memiliki modal hafalan ketika menjadi santri maktab ini.

Setiap santri yang terdaftar di maktab ini, akan menandatangani kontrak pembelajaran selama 14 bulan. Keunggulan pondok pesantren 30 juz di maktab tahfiz Hamasah, yaitu target untuk menghafal Quran selama 14 bulan.

Dua bulan pertama digunakan untuk mempelajari adab-adab membaca Quran, diantaranya adalah persiapan untuk mutabaah harian dan mempelajari amaliah-amaliah harian yang menunjang proses penghafalan Quran. Para santri diberikan pembelajaran-pembelajaran akhlak, sesuai dengan tuntunan yang telah dijabarkan dalam kita Attibyan Fiihamlatil Quran,  mulai dari cara menjaga kebersihan, adab terhadap guru,sesama, ilmu dan Al Quran. Semua pembelajaran ini adalah aplikasi dari pembelajaran keimanan yang ditanamkan oleh para asatizh asatizhah di maktab ini untuk para santri yang akan menghafal Quran di maktab. Selama 2 bulan itu pun, para santri akan dibekali dasar-dasar tajwid yaitu mempelajari matan kitab Tuhfathul Atfal dan Al Jazariyyah serta menghafal isi dari kitab Tuhfatul Atfal, untuk memudahkan santri dalam membaca dan menghafal Quran. Kemudian di tahapan kedua, para santri akan memasuki 10 bulan yang inti, yang kami bagi menjadi 5 tingkatan atau mustawa. Setiap mustawa target hafalan mereka adalah 6 juz. Setiap mustawa terdiri dari 2 bulan. Setiap 3 juz kami namakan 1 itqon.

Para santri pun akan diberikan ujian setoran hafalan santri 3 juz 1 kali duduk di setiap itqonnya. Jika tidak lulus, maka di itqon kedua pun tetap setoran hafalan yang itqon pertama. Para santri diberikan contoh bacaan yang dikenal dengan istilah talaqqi. Untuk hafalan yang mutqin, yaitu proses musafahah atau berhadapan dengan asatidznya. Kemudian untuk 2 bulan terakhirnya yaitu para santri persiapan tes tasmi 30 juz yang setiap harinya par santri harus murajaah untuk hafalan yang sudah dihafalkan 30 juz. Jika santri mengikuti prosedur hafalan selama 10 bulan dengan lancar, maka para santri akan menyelasaikan hafalan 30 juz selama 14 bulan. Namun, apabila tidak mampu menyelesaikan hafalannya selama 10 bulan, maka durasi nya akan lebih panjang lagi. Jadi, 10 bulan ini akan menentukan apakah naik itqon atau mustawa atau tetap di mustawa tersebut. Demikian penjelasan mengenai sistem pendidikan di maktab tahfiz Hamasah. Wassalamualaikum wr. wb