Dasar dasar tahsin

Tahsin 1

Materi tahsin yang pertama yaitu materi tahsin level satu atau level dasar. Di tahsin satu berisi pengenalan huruf hijaiyyah, sifatul huruf dan makhorijul huruf. Tahsin satu merupakan dasar seseorang dalam mepelajari cara membaca Al Quran dengan baik dan benar. Poin yang ada di tahsin satu ini yaitu ketajaman dalam mengucapkan huruf hijaiyyah yang akan dieja baik dalam satu kata,kalimat atau satu ayat. Tujuan dari tahsin satu yaitu untuk mempelajari bacaan Quran yang nanti akan dijadikan pondasi atau dasar menuju tahsin level2. Para santri Hamasah dituntut untuk bisa mengeja kata, kalimat atau ayat yang disertaitanda bacanya  dengan metode al Bagdadiyyah pada tahsin satu ini. Para santri dianggap bisa dalam tahsin level satu apabila lolos ujian tahsin level satu yang akan diujiankan di akhir.

Tahsin 2

Jika ujian di tahsin satu lolos, maka dilanjutkan ke tahsin level 2. Di level 2 ini para santri diajarkan hukum-hukum tajwid dan cara membaca Quran dengan tartil baik perkata, perkalimat maupun perayat. Pada tahsin 2 ini, para santri diberikan waktu efektif untuk menyempurnakan bacaannnya yang kemudian akan di samakan bacaannya secara berjamaah, setelah itu di uji satu orang satu orang. Diakhir level 2 ini adalah tes yang berupa tes lisan bacaan Al Quran baik secara acak maupun berurut. Diharapkan semua santri lancar bacaan Qurannya baik secara lambat maupun cepat, baik mudah maupun sulit pada tahsin level 2 ini. Jika lolos tes tahsin level dua, maka berhak lanjut ke tahsin level 3.

Tahsin 3

Jika lolos tes tahsin level 2 maka lanjut ke level 3 atau level akhir di pesantren Hamasah. Di level 3 ini, para santri akan diajari kitab matan Tuhfatul Atfal karangan syekh Al Jamzuri dan matan Al Jazari karangan syekh Al Jazari. Para santri diberikan materi dan praktik bacaan Al Quran yang disesuaikan dengan kaidah kitab Tuhfatul Atfal dan kitab Al Jazari yang kemuadian akan dites di akhir level. Di level 3 ini,diharapkan santri mampu memahami landasan hukum-hukum bacaan Quran yang ada di kitab tuhfatul Atfal dan Al Jazari. Jadi tidak hanya bagus bacaannya saja, melainkan paham dengan landasannya. Materi yang akan diujiankan di level3 ini yaitu santri harus bisa membacakan bahkan melantunkan bait-bait yang ada dalam kitab tuhfatul Attfal dan Al Jazari serta bisa menjelaskan syarah-syarahnya. Setelah itu para santri diuji bacaan Qurannya sebagai tanda pengaplikasian kedua kitab tersebut.