Profile Pesantren

Maktab Tahfizh Hamasah
Jln Asalia No 31, GPA tahap 3, Baleendah Kab. Bandung (Griya Prima Asri)


Maktab Tahfizh Hamasah adalah lembaga tahfizhul Quran yang berada di bawah naungan Yayasan Hamasah untuk ikhwan dan akhwat berusia 10 tahun ke atas, dimana metode tahfizhnya merupakan pengembangan dari metode hamasah yakni metode Talaqqi (bimbingan langsung) dari lisan-lisan guru yang bersambung bacaannya ke rasulullah.

Berdiri pada tahun 2014 dan resmi berbadan hukum menjadi yayasan pada tanggal 29 Maret 2015 dengan nomor pengesahan KEMENHAM AHU-0004672.AH.01.04 Tahun 2015 dengan notaris H. Iwan Yusuf Anwari, SH. Diketuai oleh Ustadz Jaenal Arifin di Bandung.

Alhamdulillah dengan keistiqomahan semua jajaran pembina Yayasan, Insya Allah maktab Hamasah memiliki Visi untuk mencetak para Hafizh Quran Yang tangguh dan berwawasan luas.

Berikut adalah para pembina Maktab Hamasah:

  1. Ustadz Jaenal Arifin
  2. Ustadz Agus Dhea
  3. Ustadz Abu Baran
  4. Ustadz Yogi Hidayatullah

Dibantu para asatidz hafizh Quran yang setia mendapingi para santri dalam menghafal Quran di maktab Hamasah.

  1. Ustadz Saddam Ramadhan
  2. Ustadz Ahmad Nizar
  3. Ustadz Ikrom Muhammad
  4. Ustadz Faturakhman
  5. Ustadz Suhandi

Maktab Hamasah beralamat di Jalan Asalia No 31, Komplek GPA Baleendah, Kab. Bandung
(Klik Lokasi Berikut:)

Terdiri dari 4 bangunan maktab. Setiap maktab miliki kapasitas 10 santri yang dibimbing langsung oleh para muhafizhnya.

Para santri yang mukim di Maktab, memiliki aktivitas rutin selain menghafal mereka mengikuti kegiatan berenang, memanah, dan berkuda di area lapangan maktab Hamasah baleendah.

Pada jenjang pertama Maktab Tahfizh Hamasah paling lama menargetkan maksimal hafal Quran selama 14 bulan dengan tahapan dua bulan pertama belajar adab dan persiapan tilawah 10 kali khatam dilanjutkan tahapan kedua menghafal Quran target 30 Juz selama sepuluh bulan dan target khatam murojaah 10 kali selama dua bulan pasca khatam ziyyadah.

Maktab Hamasah bukan berbentuk bangunan pesantren, namun tempat yang disediakan berbentuk rumah dengan komposisi ruangan kamar asrama kapasitas santri berjumlah 10 orang, aula setoran hafalan, ruangan talaqqi, dapur, kamar mandi, halaman rumah depan dan ruang cuci.

Para santri yang belajar Quran disini adalah stingkat SMP, SMA, dan Umum. Insya Allah Sebagaimana target yang dicanangkan selama setahun lebih dua bulan. Para santri yang mengikuti program ini tidak menyibukan apapun selain dengan kegiatan Al Quran yang sudah diprogramkan. Santri yang mengikuti program setahun ini harus menandatangani kontrak belajar setahun dua bulan. Para santri mukim di maktab Hamasah mendapatkan pelayanan pengajaran, penginapan, makan dan laundry yang sudah termasuk dalam biaya program.

Maktab Tahfizh Hamasah di Bandung